Minggu, 04 Oktober 2015

Tugas pengembangan peserta didik (tgl 29 Sept 2015)



MEMBAHAS GAMBAR ANAK
1. Masa Mencoreng (scribbling)   : 2-4 tahun
Goresan-goresan  yang  dibuat  anak  usia  2-3  tahun  belum  menggambarkan  suatu  bentuk  objek.  Pada  awalnya,  coretan  hanya  mengikuti  perkembangan  gerak motorik.  Biasanya,  tahap  pertama  hanya  mampu  menghasilkan  goresan  terbatas, dengan arah vertikal atau horizontal. Hal  ini tentunya berkaitan dengan kemampuan motorik  anak  yang  masih  mengunakan  motorik  kasar.  Kemudian,  pada perekembangan  berikutnya  penggambaran  garis  mulai  beragam  dengan  arah  yang bervariasi pula. Selain itu mereka juga sudah mampu mambuat garis melingkar.
Periode ini  terbagi ke dalam  tiga tahap, yaitu: 1) corengan tak beraturan, 2) corengan terkendali, dan 3) corengan bernama.
Ciri  gambar yang dihasilkan anak pada tahap  corengan tak beraturan  adalah bentuk  gembar  yang  sembarang,  mencoreng  tanpa  melihat  ke  kertas,  belum  dapat membuat corengan berupa lingkaran dan memiliki semangat yang tinggi.
Corengan  terkendali  ditandai  dengan  kemampuan  anak  menemukan  kendali  visualnya  terhadap  coretan  yang  dibuatnya.  Hal  ini  tercipta  dengan  telah  adanya kerjasama  antara  koordiani  antara  perkembangan  visual  dengan  perkembamngan motorik.  Hal  ini  terbukti  dengan  adanya  pengulangan  coretan  garis  baik  yang  horizontal , vertical, lengkung , bahkan lingkaran.
Corengan  bernama  merupakan  tahap  akhir  masa  coreng  moreng.  Biasanya terjadi  menjelang  usia  3-4  tahun,  sejalan  dengan  perkembangan  bahasanya  anak  mulai  mengontrol  goresannya  bahkan  telah  memberinya  nama,  misalnya:  “rumah”, “mobil”,  “kuda”.  Hal  ini  dapat  digunakan  oleh  orang  tua  atau  guru  pada  jenjang pendidikan  usia  dini  (TK)  dalam  membangkitkan  keberanianan  anak  untuk mengemukakan  kata-kata  tertentu  atau  pendapat  tertentu  berdasarkan  hal  yang digambarkannya.

Ini adalah hasil gambar anak umur 3 th. Dari gambar tersebut bisa kita lihat bagaimana psikologi anak tersebur,dia menggambarkan matahari,kupu-kupu dan coretan-coretan yg lainnya,dari coresan yang tidak teratur ini,di ketahui bahwa anak umur 3 th belum bisa menggunakan motoriknya dengan baik,harus sabar menynggu dan membimbing anak masa mencoreng,dia menggambarkan matahari,dan kupu-kupu,ketika saya Tanya,karena di rumah yang dia tempati sangat panas,dan banyak kupu-kupu,dan coretan coklat yang dia buat adalah tanah. Jadi belum bisa kita lihat jelas dari bentuk, hanya bisa kita lihat sebuah coretan saja.

2. Masa Prabagan (preschematic)  : 4-7 tahun
Kecenderungan  umum  pada    tahap  ini,  objek  yang  digambarkan  anak biasanya  berupa  gambar  kepala-berkaki.  Sebuah  lingkaran  yang  menggambarkan kepala kemudian pada bagian bawahnya ada dua garis sebagai pengganti kedua kaki.  Ciri-ciri  yang  menarik  lainnya  pada  tahap  ini  yaitu  telah  menggunakan bentuk-bentuk  dasar  geometris  untuk  memberi  kesan  objek  dari  dunia  sekitarnya. Koordinasi  tangan  lebih  berkembang.  Aspek  warna  belum  ada  hubungan  tertentu dengan  objek,  orang  bisa  saja  berwarna  biru,  merah,  coklat  atau  warna  lain  yang disenanginya.
Penempatan  dan  ukuran  objek  bersifat  subjektif,  didasarkan  kepada kepentingannya. Ini  dinamakan  dengan  “perspektif batin”. Penempatan objek dan penguasan ruang belum dikuasai anak pada usia ini.
 

 
Ini adalah gambar anak usia 5 tahun,dari gambar tersebut,bisa kita ketahui bahwa gambar ini milik anak perempuan,jika kita lihat dari bentuk yang digambar dan pemilihan warna yang digunakan,ia,dia adalah caca umur 5 tahun. Pada umumnya anak masa prabagan yang terlebih dahulu di gambar adalah manusia,setelah itu baru hal pendukung yang lain,anak masa prabagan belum mengenal ruang,jadi gambarnya belum teratur,bisa diletakkan dimana saja,bahkan dia menggambarkan orang di atas,ruang yang memiliki banyak buah dan benda di dalamnya,ia sebut itu kulkas,dan manusia yang dia gambarkan itu merupakan dirinya sendiri, dia menggambarkan dirinya di atas kulkas karena dia sangat senang makan,itu alas an yang dia utarakan.

Jadi, melihat gambar anak juga bisa mengetahui ltar belakang dan menilai kreativitas serta perkembangan psikologi anak.

Thanks ^_*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar