Senin, 21 September 2015

Tugas Tambahan Telaah Kurikulum (tgl 21 Sept 2015)



Struktur kurikulum Salah satu SMP di Indonesia
Komponen
Kelas dan Alokasi Waktu
VII
VIII
IX
A. Mata Pelajaran



1.   Pendidikan Agama
2
2
2
2.   Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
3.   Bahasa Indonesia
4
4
4
4.   Bahasa Inggris
4
4
4
5.   Matematika
4
4
4
6.   Ilmu Pengetahuan Alam
4
4
4
7.   Ilmu Pengetahuan Sosial
4
4
4
8.   Seni Budaya
2
2
2
9.   Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
2
2
2
10. Keterampilan/Teknologi Informasi dan Komunikasi
2
2
2
B. Muatan Lokal



– Bahasa Sunda
2
2
2
– Tata Boga
2
2
2
– Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH)
2
2
2
C. Pengembangan Diri
2*)
2*)
2*)
–   Bimbingan Karir ( Melalui Pend. BK )



–    Ekstrakurikuler
  • Kepramukaan
  • Sepak Bola dan Bola Volly
  • PMR
  • Pencak Silat
  • Pemantapan Calistung Bagi Kls 7
  • Pembiasaan Tadarus Pagi



Jumlah
32+ 4
32+ 4
32+ 4

Kita akan membahas alokasi waktu yang sudah disediakan untuk mata pelajaran seni budaya,di atas sudah saya bold,italic dan underline. Mata pelajaran seni budaya sering disebut-sebut sebagai mata pelajaran pelengkap saja,jika kita melihat alokasi waktu yang disediakan hanya 2 jam,mungkin tidak cukup untuk mengasah kreatifitas,banyak orang yang beranggapan bahwa seni tidak hanya di sekolah,diluarpun bisa kita sendiri berkesenian,oleh karena itu waktu yang disediakan di sekolah hanya 2 jam,namun berkesenian yang mendapat bimbingan hanya di sekolah,jika siswa ingin mengembangkan kreatifitasnya,maka juga harus dapat bimbingan,oleh karena itu harusnya waktu untuk mata pelajaran seni budaya di perlukan lebih lama. Setidaknya setara dengan waktu mata pelajaran yang lain,yang sekarang dianggap unggul,karena pada dasarnya,pinter di seni itu juga merupakan prestasi yang luar biasa,itu yang perlu digaris bawahi.
Adapun Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP) untuk   masing-masing satuan pendidikan selengkapnya adalah sebagai berikut:
1.   Agama dan Akhlak Mulia
  1. Mengamalkan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan remaja
  2. Menerapkan nilai-nilai kejujuran dan keadilan
  3. Memahami keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi
  4. Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif  dan santun yang mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan
  5. Menerapkan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang sesuai dengan tuntunan agamanya
  6. Memanfaatkan lingkungan sebagai makhluk ciptaan Tuhan secara bertanggung jawab
  7. Menghargai perbedaan pendapat dalam menjalankan ajaran agama
2.  Kewarganegaraan dan Kepribadian
  1. Menerapkan kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara demi terwujudnya persatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
  2. Mematuhi aturan-aturan sosial, hukum dan perundangan
  3. Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup nasional
  4. Memanfaatkan lingkungan  secara bertanggung jawab
  5. Memahami kekurangan dan kelebihan diri sendiri
  6. Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun
  7. Menunjukkan sikap  percaya diri
  8. Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis
  9. Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya
  10. Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk berkarya
  11. Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, dan aman dalam kehidupan sehari-hari
  12. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
  13. Menghargai adanya perbedaan pendapat
  14. Menghargai karya seni dan budaya nasional Indonesia
3.  Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
  1. Mencari dan menerapkan informasi secara logis, kritis, dan kreatif
  2. Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif
  3. Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya
  4. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari
  5. Mendeskripsi gejala alam dan sosial
  6. Memanfaatkan lingkungan  secara bertanggung jawab
  7. Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk berkarya
  8. Menerapkan hidup bersih, sehat bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang
  9. Memiliki keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris sederhana
  10. Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan menengah
4.   Estetika
  1. Memanfaatkan lingkungan  untuk kegiatan apresiasi seni
  2. Menghargai  karya seni, budaya, dan keterampilan sesuai dengan kekhasan lokal
  3. Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis karya seni
5.   Jasmani, Olah Raga,  dan Kesehatan
  1. Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang dengan memanfaatkan lingkungan  secara bertanggung jawab
  2. Mencari dan menerapkan berbagai informasi tentang potensi sumber daya lokal untuk menunjang hidup bersih, sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang.
Estetika (seni budaya)
Untuk Standar Kompetensi Kelompok Mata Pelajaran (SK-KMP) seni budaya,sudah digaris bawahi,
1.       Memanfaatkan lingkungan  untuk kegiatan apresiasi seni
Untuk yang pertama,bisa dilakukan dengan alokasi waktu  2 jam sudah lumayan cukup,dan bisa di terapkan di sekolah mana saja.
2  Menghargai  karya seni, budaya, dan keterampilan sesuai dengan kekhasan lokal
            Menghargai karya seni ,jika sebuah sekolah berada di wilayah tertentu dan jauh dari kata lingkungan seni atau daerah maju,jika hanya berpatokan pada buku tanpa apresiasi langsung ke daerah sangat sulit bagi perkembangan siswa,dan dengan alokasi waktu 2 jam,sangat terbatas.
3.      Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis karya seni
Ini lumayan sulit untuk anak SMP,tidak semua menyukai membaca dan menulis,untuk hal ini butuh bimbingan khusus seorang guru,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar