Selasa, 15 September 2015

Tugas Pengembangan Peserta Didik (tgl 01-09-2015)



Manusia terdiri dari dua unsur.
1.      Fisik (jasmani )
Bisa di angkakan,atau di ukur,mulai dari berat,tinggi dan besar.
2.      Psikis (Rohani) tidak bisa di angkakan, berkembang sesuai sifat pribadi,atau pengaruh dari luar (keluarga dan lingkungan)
Keduanya  menyatu dalam manusia.
  • Pertumbuhan (growth) adalah suatu proses bertambahnya ukuran makhluk hidup yang bersifat kuantitatif (dapat dihitung). Proses pertumbuhan dapat dilihat dari bertambahnya tinggi, berat, dan volume tubuh makhluk hidup. Pertambahan-pertambahan ukuran tersebut juga menandai adanya pertambahan jumlah sel dan jaringan tubuh pada makhluk hidup tersebut.

    Pertumbuhan pada makhluk hidup dapat berlangsung secara permanen, misalnya pada pertambahan tinggi yang hanya bisa bertambah dan tak bisa kembali di keadaan awal lagi. Namun pertumbuhan dapat juga berlangsung secara non-permanen misalnya pada perubahan berat yang bisa naik turun.
  • Perkembangan adalah suatu proses untuk menuju kedewasaan pada makhluk hidup yang bersifat kualitatif, artinya tidak dapat dinyatakan dengan suatu bilangan tatpi dapat di amati dengan mata telanjang. Proses perkembangang dapat di lihat dengan terbentuknya organ-organ perkembangbiakan seperti munculnya bunga pada tumbuhan yang kemudian di ikuti oleh buah atau umbi, dll.

Prinsip-prinsip perkembangan menurut HURLOCK
  1. Perkembangan awal lebih kritis di banding perkembangan lanjutan
  2. Perkembangan merupakan hasil proses kematangan dan latihan
  3. Pola perkembangan dapat diramalkan
  4. Pola perkembangan memiliki karakteristik tertentu
  5. Terdapat individual differences dalam perkembangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar