Kamis, 17 September 2015

Tugas Profesi Pendidikan (tgl 02 sept 2015)

*Pendidik  tugasnya adalah mengubah tingkah laku, tidak hanya di sekolah,tapi di rumah dan juga di lingkungan masyarakat.
*Pengajar hanya mengajari agar pintar.
*Pelatih hanya melatih keterampilan. 
Definisi Guru
Guru dalam bahasa jawa adalah menunjuk pada seorang yang harus digugu dan ditiru oleh semua murid dan bahkan masyarakat. Harus digugu artinya segala sesuatu yang disampaikan olehnya senantiasa dipercaya dan diyakkini sebagai kebenaran oleh semua murid. Sedangkan ditiru artinya seorang guru harus menjadi suri teladan (panutan) bagi semua muridnya.
Secara tradisional guru adalah seorang yang berdiri didepan kelas untuk menyampaikan ilmu pengetahuan.
Guru sebagai pendidik dan pengajar anak, guru diibaratkan seperti ibu kedua yang mengajarkan berbagai macam hal yang baru dan sebagai fasilitator anak supaya  dapat belajar dan mengembangkan potensi dasar dan kemampuannya secara optimal,hanya saja ruang lingkupnya guru berbeda, guru mendidik dan mengajar di sekolah negeri ataupun swasta.

Definisi Pengajar
       Pengajar berasal dari kata dasar ajar, dalam Kamus Besar bahasa Indonesia (KBBI) artinya petunjuk kepada orang supaya diketahui (dituruti). Dari sini dapat dipahami bahwa ajar; mengajar adalah suatu tindakan untuk membuat orang lain mengerti, atau paham akan sesuatu. Nah, jadi kalau Anda menjadi seorang pengajar, berarti Anda wajib membuat orang lain mengerti akan hal yang Anda jelaskan pada mereka. Kalau belum, berarti Anda belum berhasil sebagai seorang pengaja

Definisi Pelatih
      Pelatih ialah seseorang yang bertugas untuk mempersiapkan fisik dan mental olahragawan maupun kelompok olahragawan. Sebagian besar pelatih merupakan bekas atlet. Pelatih mengatur taktik, strategi, pelatihan fisik dan menyediakan dukungan moral kepada atlet.
Pelatih kepala ialah seorang profesional yang melatih dan mengembangkan olahraga pria dan wanita. Ia biasanya dibayar lebih daripada pelatih biasa.
Pelatih sering dibantu oleh orang lain, seperti staf asisten pelatih. Seringkali, dalam tim olahraga besar, pelatih kepala tak banyak melakukan kerja pengembangan rincian seperti teknik bermain maupun penempatan pemain di lapangan, dan menugaskan hal ini kepada asistennya sementara ia berkonsentrasi pada masalah yang lebih besar.

terdapat perbedaan diantara ketiganya,guru adalah seorang pendidik yang harus mengubah tingkah laku siswa,pengajar hanya menyampaikan bahan latihan. dan pelatih melakukan perubahan keterampilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar