Kamis, 17 September 2015

Tugas Pengembangan Peserta Didik (tgl 15 Sept 2015)



A. Pembawaan 

Pembawaan adalah suatu konsep yang dipercayai/dikemukakan oleh orang-orang yang mempercayai adanya potensi dasar manusia yang akan berkembang sendiri atau berkembang dengan berinteraksi dengan lingkungan. Ada pula istilah lain yang biasa diidentikkan dengan pembawaan, yakni istilah keturunan dan bakat. Sebenarnya ketiga istilah tersebut tidaklah persis sama pengertiannya. Pembawaan ialah seluruh kemungkinan atau kesanggupan (potensi) yang terdapat pada suatu individu dan yang selama masa perkembangan benar-benar dapat diwujudkan (direalisasikan). 

B. Lingkungan

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia disebutkan bahwa kata lingkungan berarti “semua yang mempengaruhi pertumbuhan manusia dan hewan``
Dalam konteks pendidikan, objek pengaruh tentu saja dibatasi hanya pada pertumbuhan manusia, tidak mencakup pertumbuhan hewan. Oleh karena itu, M. Ngalim Purwanto menyatakan bahwa yang dimaksud dengan lingkungan di dalam pendidikan ialah setiap pengaruh yang terpancar dari orang-orang lain, bintang, alam, kebudayaan, agama, adat-istiadat, iklim, dsb, terhadap diri manusia yang sedang berkembang
Menurut penulis, mungkin yang dimaksud Ngalim dalam definisi di atas adalah pengaruh lingkungan (bukan lingkungan). Dengan asumsi ini maka lingkungan adalah segala sesuatu yang mempengaruhi perkembangan diri manusia, yakni orang-orang lain (individu atau masyarakat), binatang, alam, kebudayaan, agama, adat- istiadat, iklim, dsb.
 

*Teori perkembangan
-Schoppenhouer
-Plato
-Descartes
-Lambrosso

*Pembawaan berpengaruh penting pada perkembangan anak.
kelebihannya  : - menghargai hakikat bawaan individu
kekurangan : - menafikan lingkungan
                      - psimis terhadap proses pendidikan
*Teori impirisme
-John Locke
perkembangan semata-mata sangat dipengaruhi oleh lingkungan (MILIEU)
Kelebihannya : - menghargai pengaruh penting lingkungan
Kekurangan: - tidak dapat menerangkan kejadian -kejadian dimasyarakat.

Contoh : pelaku yang sama menghasilkan anak yang berbeda.

*Teori konvergensi
-William Stern
perkembangan individu ditentukan oleh pembawaan dan lingkungan.
kelebihan : -menghargai adanya pembawaan dan lingkungan.
kekurangan :- pembawaan dan lingkungan masih dipandang sebagai sesuatu yang berdiri sendiri.

*Teori Interaksi
-Piaget,Dll
pengaruh timbal balik antara pembawaan dan pengaruh lingkungan .
- interaksi antara pribadi dan dunia luar.
- faktor pembawaan dan lingkungan berjalan bersama - sama dalam proses mempengaruhi perkembangan seseorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar