Jumat, 25 Desember 2015

Massa permulaan Realisme ( realisme awal ) 9-11th

Pada  periode  Realisme  Awal,  karya  anak  lebih  menyerupai  kenyataan. Kesadaran perspektif mulai muncul, namun berdasarkan penglihatan sendiri. Mereka menyatukan  objek  dalam  lingkungan.  Perhatian  kepada  objek  sudah  mulai rinci.  Namun  demikian,  dalam  menggambarkan  objek,  proporsi  (perbandingan ukuran) belum dikuasai sepenuhnya.  Pemahaman  warna  sudah  mulai disadari. Penguasan konsep  ruang mulai  dikenalnya sehingga  letak  objek  tidak lagi  bertumpu  pada  garis  dasar,  melainkan  pada  bidang  dasar  sehingga  mulai ditemukan  garis  horizon.  Selain  dikenalnya  warna  dan  ruang,  penguasaan  unsur  desain seperti keseimbangan dan irama mulai dikenal pada periode ini.
Ada  perbedaan  kesenangan  umum,  misalnya:  anak  laki-laki  lebih  senang kepada menggambarkan kendaraan, anak perempuan kepada boneka atau bunga.
 
 Berdasarkan pengamatan hasil karya gambar anak SD kelas IV dapat disimpulkan ciri-cirinya sebagai berikut :
1.      Banyak menggunakan warna-warna terang terkesan lembut dan mulai bisa memadukan warna pada gambar halaman16,17.
2.      Anak mulai mengenali obyek secara keseluruhan dengan lingkungannya tidak terpisah-pisah, hal ini terlihat dari cara anak mewarnai awan, warna langit saat matahari akan tenggelam.
3.      Sudah mulai menggunakan perspektif dalam gambarnya pada gambar halaman 16,17 dan 20.
4.      Anak menggambar sesuai dengan penglihatannya atau persepsinya. Hal ini dapat terlihat dari warna langit yang diberi warna merah, oranye dan kuning yang menunjukan matahari akan terbenam pada gambar halaman 16.
5.      Masih ada anak yang menggambar tegak lurus pada semua latarnya pada halaman 18.
6.      Sebagian gambar anak masih terkesan datar, namun ada gambar yang terlihat memiliki kesan ruang pada halaman 20.
7.      Sebagian gambar memiliki proporsi yang belum seimbang. Seperti pada gambar halaman 18.
Berdasarkan pengamatan hasil karya gambar anak SD kelas V dapat disimpulkan ciri-cirinya sebagai berikut :
1.      Kesadaran perspektif mulai muncul, namun berdasarkan penglihatan sendiri, mereka menyatukan objek dengan lingkungan. Seperti pada gambar halaman 24.
Pada gambar tersebut tampak gambar boneka lebih menonjol dibanding dengan lingkungan sekitarnya.
2.      Perhatian pada objek sudah mulai rinci. Namun demikian dalam menggambar objek, proporsi (perbandingan ukuran) belum dikuasai sepenuhnya. Pada gambar halaman 21.
3.      Pemahaman warna sudah mulai disadari, hal ini terlihat pada halaman 21 dan 24.
Berdasarkan pengamatan hasil karya gambar anak SD kelas VI dapat disimpulkan ciri-cirinya sebagai berikut :
1.      Penguasaan konsep ruang mulai dikenalnya sehingga, letak objek tidak lagi bertumpu pada garis dasar, melainkan pada bidang dasar sehingga mulai ditemukan garis horizon.
2.      Pemahaman warna sudah mulai disadari, hal ini terlihat pada halaman 26,28,29 dan 30.
3.      Selain dikenalnya warna dan ruang, penguasaan unsur desain seperti keseimbangan dan irama mulai dikenal dalam periode ini. Pada halaman 26 dan 28.
 
contoh gambar
http://helgapanda.blogspot.co.id/2012/11/perkembangan-seni-rupa-anak.html
http://1.bp.blogspot.com/-J9BIdltNf6w/TshkfbWwZDI/AAAAAAAAAZU/eD2GccBMkb8/s1600/gambar-3-web.jpg
http://ramainspirations.blogspot.co.id/2013/10/periodesasi-dan-karakteristik-seni-rupa.html
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar