Pada
periode Realisme Awal, karya anak lebih
menyerupai kenyataan. Kesadaran perspektif mulai muncul, namun
berdasarkan penglihatan sendiri. Mereka menyatukan objek
dalam lingkungan. Perhatian kepada objek
sudah mulai rinci. Namun demikian, dalam
menggambarkan objek, proporsi (perbandingan ukuran) belum
dikuasai sepenuhnya. Pemahaman warna sudah mulai
disadari. Penguasan konsep ruang mulai dikenalnya sehingga
letak objek tidak lagi bertumpu pada garis
dasar, melainkan pada bidang dasar sehingga
mulai ditemukan garis horizon. Selain dikenalnya
warna dan ruang, penguasaan unsur desain seperti
keseimbangan dan irama mulai dikenal pada periode ini.
Ada
perbedaan kesenangan umum, misalnya: anak
laki-laki lebih senang kepada menggambarkan kendaraan, anak
perempuan kepada boneka atau bunga.
Berdasarkan pengamatan hasil karya
gambar anak SD kelas IV dapat disimpulkan ciri-cirinya sebagai berikut :
1.
Banyak
menggunakan warna-warna terang terkesan lembut dan mulai bisa memadukan warna
pada gambar halaman16,17.
2.
Anak
mulai mengenali obyek secara keseluruhan dengan lingkungannya tidak
terpisah-pisah, hal ini terlihat dari cara anak mewarnai awan, warna langit
saat matahari akan tenggelam.
3.
Sudah
mulai menggunakan perspektif dalam gambarnya pada gambar halaman 16,17 dan 20.
4.
Anak
menggambar sesuai dengan penglihatannya atau persepsinya. Hal ini dapat
terlihat dari warna langit yang diberi warna merah, oranye dan kuning yang
menunjukan matahari akan terbenam pada gambar halaman 16.
5.
Masih
ada anak yang menggambar tegak lurus pada semua latarnya pada halaman 18.
6.
Sebagian
gambar anak masih terkesan datar, namun ada gambar yang terlihat memiliki kesan
ruang pada halaman 20.
7.
Sebagian
gambar memiliki proporsi yang belum seimbang. Seperti pada gambar halaman 18.
Berdasarkan pengamatan hasil karya gambar anak SD kelas V dapat disimpulkan
ciri-cirinya sebagai berikut :
1.
Kesadaran
perspektif mulai muncul, namun berdasarkan penglihatan sendiri, mereka
menyatukan objek dengan lingkungan. Seperti pada gambar halaman 24.
Pada gambar
tersebut tampak gambar boneka lebih menonjol dibanding dengan lingkungan
sekitarnya.
2.
Perhatian
pada objek sudah mulai rinci. Namun demikian dalam menggambar objek, proporsi
(perbandingan ukuran) belum dikuasai sepenuhnya. Pada gambar halaman 21.
3.
Pemahaman
warna sudah mulai disadari, hal ini terlihat pada halaman 21 dan 24.
Berdasarkan pengamatan hasil karya gambar anak SD kelas VI dapat
disimpulkan ciri-cirinya sebagai berikut :
1.
Penguasaan
konsep ruang mulai dikenalnya sehingga, letak objek tidak lagi bertumpu pada
garis dasar, melainkan pada bidang dasar sehingga mulai ditemukan garis
horizon.
2.
Pemahaman
warna sudah mulai disadari, hal ini terlihat pada halaman 26,28,29 dan 30.
3.
Selain
dikenalnya warna dan ruang, penguasaan unsur desain seperti keseimbangan dan
irama mulai dikenal dalam periode ini. Pada halaman 26 dan 28.
contoh gambar
http://helgapanda.blogspot.co.id/2012/11/perkembangan-seni-rupa-anak.htmlhttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi0Ai7Z1j2SzHvKvcL3nciYpT8ZgJ3-mQxPHxZuMHLZBIUQ2O27vwuoMgmCTrpFpqqVZhXST5z2xMnsJjb9AlR0A6qT-ED1kon9c4IRpEcdvCQMZ09K7QRAC977RZ-P7i6AUYJ7wwhw6Fp0/s1600/gambar-3-web.jpg
http://ramainspirations.blogspot.co.id/2013/10/periodesasi-dan-karakteristik-seni-rupa.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar