KURIKULUM 2013
Tingkat
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
1.
Jenis Kegiatan (Kompetensi Inti)
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Mempercayai adanya Tuhan melalui
ciptaan-Nya.
|
Ø Menyebutkan
ciptaan – ciptaan Tuhan : manusia, bumi, langit, tanaman dan hewan.
Ø Memberi
makanan kepada hewan : menyiram tanaman, menyayangi sesama teman.
|
Menghargai diri sendiri, orang lain,
dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan.
|
Ø Dapat
memuji teman/orang lain
Ø Menghargai
hasil karya teman/orang lain
Ø Menghargai
keunggulan teman/orang lain
|
KI-1 : Menerima ajaran
agama yang diautnya.
KI-2
: Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya
diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerja sama, mampu menyesuaikan diri,
jujur, dan santun dalam berinteraksi dalam keluarga, pendidik, dan/atau pengasuh, dan teman.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan
hidup sehat.
|
Ø Menjaga
kebersihan diri sendiri
Ø Membuang
sampah pada tempatnya
Ø Memelihara
lingkungan misalnya, tidak mencoret – coret tembok
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan
sikap ingin tahu.
|
Ø Berani
bertanya kepada guru, teman, dan orang lain.
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan
sikap kreatif
|
Ø Sabar
menunggu giliran
Ø Mendengarkan
guru dan teman bicara
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan
sikap estetis
|
_
|
Memiliki perilaku
yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih
kedisiplinan.
|
Datang
ke sekolah tepat waktu, membuang sampah pada tempatnya
|
Memiliki perilaku
yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar ketika
orang lain bicara) untuk melatih kedisiplinan
|
Ø Sabar
menunggu giliran
Ø Mendengarkan
guru dan teman berbicara
|
Memiliki perilaku
yang mencerminkan kemandirian.
|
Ø Memelihara
milik sendiri
Ø Mampu
mengerjakan tugas
Ø Berani
mempertahankan pendapat
|
Memiliki perilaku
yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika dimintai bantuannya.
|
Ø Meminjamkan
miliknya dengan senang hati
Ø Menggunakan
barang orang lain dengan hati – hati
Ø Mau
berbagi miliknya, misal : makan, mainan, dll
|
Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika dimintai
bantuannya.
|
Ø Meminjamkan
miliknya dengan senang hati
Ø Menggunakan
barang orang lain dengan hati – hati
Ø Mau
berbagi miliknya, misal : makan, mainan, dll
|
Memiliki perilaku
yang mencerminkan sikap kerjasama.
|
Membantu teman, dan
menunjukkan rasa empati, menyelesaikan tugas dengan kelompok
|
Memiliki perilaku
yang dapat menyesuaikan diri.
|
Ø Mengucapkan
doa – doa pendek
Ø Mau
berpisah dengan ibu
|
Memiliki perilaku
yang mencerminkan tanggung jawab.
|
Menyelesaikan tugas
yang diberikan guru
|
Memiliki perilaku
yang mencerminkan sikap jujur.
|
Bersikap jujur
|
Memiliki perilaku
yang mencerminkan sikap santun kepada orang tua, pendidik, dan/atau pengasuh,
dan teman.
|
Menggunakan barang
orang lain dengan hati – hati
|
KI-3 : Mengenal diri,
keluarga, teman, pendidik, dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi,
seni, dan budaya di rumah, tempat bermain, dan satuan PAUD dengan cara:
mengamati dengan indra (melihat, mencium, meraba, mendengar, merasa); menanya;
mengumpulkan informasi; mengolah informasi/mengasosiasikan; dan
mengkomunikasikan melalui kegiatan bermain.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Mengenal kegiatan
beribadah sehari-hari.
|
Mulai mengucapkan
do’a-doa pendek dan melakukan ibadah sesuai dengan agama yang di anutnya
|
Mengenal prilaku
baik, sebagai cerminan akhlak mulia.
|
Berperilaku sopan,
dan peduli melalui perkataan dan perbuatan secara spontan, misal: mengucapkan
maaf, permisi, terima kasih
|
Mengenal anggota
tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motrik kasar dan motoric
halus.
|
melakukan berbagai
kegiatan motorik kasar dan halus yang seimbang, terkontrol, dan lincah
|
Mengetahui cara hidup
sehat.
|
Mulai melakukan hidup
bersih dan sehat
|
Mengetahui cara
memecahkan masalah sehari-hari dan berprilaku kreatif.
|
mampu memecahkan
sendiri masalah sederhana yang dihadapi dibantu oleh orang dewasa
|
Mengenal benda-benda
disekitarnya (nama, warna, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan
ciri-ciri lain.
|
Melakukan kegiatan
yang menunjukkan anak mampu mengenal benda dengan memasangkan benda dengan
pasangannya
|
Mengenal lingkungan
sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya,
transportasi).
|
Menyebutkan tempat di
lingungan sekitar
|
Mengenal lingkungan
alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll).
|
Menunjuk nama dan
kegunaan benda-benda alam
|
Mengenal teknologi
sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan,
dll).
|
Mengenali bahan-bahan
pembuatan teknologi sederhana
|
Memahami bahasa
reseptif (menyimak dan membaca).
|
Ø Menceritakan
kembali apa yang di dengar dengan kosa kata yang terbatas
Ø Melakukan
perintah sederhana sesuai dengan aturan yang di sampaikan
|
Memahami bahasa
ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal).
|
Ø Menceritakan
gambar yang ada di buku
Ø Berbicara
sesuai dengan kebutuhan (kapan harus bertanya, berpenapat)
|
Mengenal keaksaraan awal
melalui bermain.
|
Menulis
huruf-huruf yang dicontohkan dengan cara meniru
|
Mengenal emosi diri dan orang
lain.
|
Menjalin pertemanan dengan
anak lain
|
Mengenal
kebutuhan, keinginan, dan minat diri.
|
Meilih
satu macam dari dua sampai tiga pilihan yang tersedia (misalnya: Mainan, Makanan, Pakaian)
|
Mengenal berbagai karya dan
aktivitas seni.
|
Menghhargai
penampilan karya seni anak lain dengan bimbingan (misal, dengan bertepuk
tangan dan memuji
|
KI-4 : Menunjukkan yang
diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, music,
gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku berakhlak
mulia
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Melakukan kegiatan
beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa.
|
Melakukan kegiatan
beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa.
|
Melakukan kegiatan
beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa.
|
Mulai menunjukkan
sikap mau menolong orangtua, pendidik dan teman
|
Menggunakan anggota
tubuh untuk pengembangan motoric kasar dan halus
|
Ø Menunjukkan
kegiatan yang menunjukkan anak mampu melakukan gerakan melompat, meloncat,
dan berlari secara terkoordinasi
Ø Melakukan
kegiatan yang menunjukkan anak mampu menangkap bola dengan cepat
|
Mampu menolong diri
sendiri untuk hidup sehat
|
Melakukan kegiatan
yang menunjukkan anak mampu mengenali bagian tubuh yang harus dilindungi dan
cara melindungi dari kekerasan, termasuk kekerasan seksual
|
Menyelesaikan masalah
sehari-hari secara kreatif
|
Melanjutkan kegiatan
sampai selesai
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Menyampaikan tentang
apa dan bagaimana benda-benda di sekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk,
ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi dan ciri-ciri lainnya) melalui
berbagai hasil karya
|
Melakukan kegiatan
yang menunjukkan anak mampu mengenal benda dengan memasangkan benda dengan
pasangannya
|
Menyajikan berbagai
hasil karya yang berhubungan dengan lingkungan social (keluarga, teman,
tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi) dalam bentuk gambar,
bercerita, bernyanyi dan gerak tubuh
|
Menyebutkan dan
mengetahui perlengkapan/ atribut yang berhubungan dengan pekerjaan
orang-orang yang berada disekitarnya
|
Menyajikan karya yang
berhubungan dengan lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air,
batu-batuan, dll) dalam bentuk gambar, bernyanyi, dan gerak tubuh
|
Mengungkapkan hasil
karya yang dibuatnya secara sederhana yang berubungan dengan benda-benda yang
ada di lingkungan alam
|
Menggunakan teknologi
sederhana, untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya (peralatan rumah tangga,
peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)
|
Mengenali cara
bercocok tanam secara modern
|
Menunjukan kemampuan
berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
|
Ø Menceritakan
kembali apa yang di dengar dengan kosa kata yang terbatas
Ø Melaksanakan
peri tah sederhana sesuai dengan aturan yang disampaikan
|
Menunjukan kemampuan
berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
|
Ø Menceritakan
gambar yang ada pada buku
Ø Berbicara
sesuai dengan kebutuhan ( kapan harus bertanya dan berpendapat)
|
Menunjukan kemampuan
keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
|
Ø Menceritakan
isi buku walaupun tidak sama tulisan dengan bahasa yang diungkapkan
Ø Menghubungkan
benda benda konkret dengan lambing bilangan 1-10
|
Menunjukan reaksi
emosi diri secara wajar
|
Menunjukan reaksi
emosi diri secara wajar
|
Mengungkapkan
kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat
|
Memilih satu dari
berbagai kegiatan benda yang disediakan
|
Menunjukan karya dan
aktifitas seni dengan menggunakan berbagai media
|
Menampilkan karya seni sederhana didepan
anak atau orang lain
|
2.
Metode Pembelajaran
Berpikir saintifik adalah kemampuan berpikir dalam memahami masalah,
menganalisa, mencari pemecahannya, dan menghasilkan sesuatu yang inovatif dan
kreatif. Pendekatan saintifik pada PAUD merupakan proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar
peserta didik secara aktif membangun kompetensi sikap, pengetahuan, dan
keterampilan melalui tahapan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,
menalar, dan mengkomunikasikan.
3.
Presentase Lokal, Nasional dan Internasional
Dalam Kurikulum 2013, presentase Nasional lebih banyak ditekankan. Dibuktikan
dengan pembahasan Kompetensi Dasar yang bersifat umum.
Banyak hal yang
menarik,yang bisa kita dapatkan di kurikulum KTSP TK,diantaranya yang perlu
kita perhatikan,penilaian harus berdasarkan pengenbangan, mengacu pada
psikologis anak, memperhatikan Bagan perkembangan, Cara mengajar yang harus di
perhatikan,perhatian yang intensif,serta kesabaran dalam pengajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar